10 Sertifikat Dengan Nilai Pendapatan Tertinggi di Tahun 2018

10 Sertifikat Dengan Nilai Pendapatan Tertinggi di Tahun 2018

Sertifikat PMP termasuk lho….

– – –

Sertifikasi mungkin bukan kata yang asing bagi profesional. Proses ini memang harus dilalui karena merupakan bagian dari pengembangan karir. Terutama jika anda bekerja bidang IT atau manajemen. Perlu anda ketahui bahwa ada banyak jenis sertifikasi yang bisa anda ambil.  Dilansir dari situs Foxbusiness pada tahun 2018, ada 10 sertifikasi dengan nilai pendapatan tertinggi jika anda meraih gelarnya di tahun 2018. Jumlah pendapatan yang didapat berdasarkan keadaan ekonomi di Amerika Serikat. Apa sajakah itu?

 

  1. Six Sigma Green Belt

Six Sigma merupakan metodologi manajemen proyek  yang berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan melalui fase DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Green Belt merupakan salah satu peran penting yang ada di Six Sigma. Berbeda dengan Black Belt (salah satu peran dalam Six Sigma), Green Belt tidak diperbolehkan merangkap jabatan. Ia merupakan pemimpin proyek yang ruang lingkup proyeknya berada pada departemen tertentu. Jika anda mengikuti sertifikasi Six Sigma Green Belt dan meraihnya, anda bisa meraih pendapatan rata-rata per tahun sebesar USD 104,099.

 

  1. Certified Ethical Hacker (CEH)

Jika anda tertarik berkarier menjadi seorang Hacker, mungkin menjadi Hacker yang beretika adalah pilihan yang bijak. CEH menawarkan hal tersebut. Seiring dengan maraknya kasus Cyber Security, seperti pembobolan kartu kredit atau ATM, pencurian data, dan sebagainya, kemampuan meningkatkan tingkat keamanan pada suatu sistem begitu diperlukan. CEH merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh EC-Council (lembaga sertifikasi di bidang cyber security). Jika anda sudah menempuh ujian dan mendapatkan sertifikasi CEH, anda bisa memiliki penghasilan rata-rata USD 106,375 per tahun.

 

  1. Certified Scrum Master

Scrum merupakan framework pengembangan dari Agile yang saat ini tengah populer (simak ulasan kami mengenai apa itu Scrum disini). Scrum mendorong setiap anggota proyek menjadi lebih produktif. Jika anda berminat menjadi Scrum Master, setidaknya anda butuh pelatihan selama dua hari dengan ujian dengan jumlah soal 24-35 buah. Jika anda berhasil menjadi Scrum Master, anda bisa memiliki penghasilan rata-rata sebesar USD 106,938 per tahun.

 

  1. Certified Information Security Manager (CISM)

CISM merupakan sertifikasi untuk anda yang merupakan manajer keamanan informasi (information security manager). Sertifikat ini dikeluarkan oleh ISACA, organisasi profesi internasional di bidang tata kelola teknologi informasi. Jika anda berminat mengambil sertifikasi ini, anda harus memiliki pengalaman kerja dalam bidang security management minimal 5 tahun. Selain itu, anda harus menjawab pertanyaan sebanyak 200 pertanyaan dengan topik pertanyaan meliputi information security, pemerintahan, manajemen resiko informasi, dan manajemen insiden. Manajer keamanan informasi yang bersertifikasi CISM dapat meningkatkan kompetensi dan tentunya pendapatan. Rata-rata pendapatan yang bisa didapat sebesar USD 108,043 per tahun.

 

  1. Certified in Risk and Information Systems Control (CRISC)

Dikeluarkan oleh ISACA (lembaga yang juga mengeluarkan sertifikasi CISM), CRISC merupakan sertifikasi yang diberikan untuk profesional IT atau pelaku bisnis dalam mengidentifikasi dan mengatur resiko melalui pengembangan, implementasi dan pemeliharaan kontrol sistem informasi. Jika anda sudah berpengalaman kerja dalam bidang manajemen resiko selama 3 tahun, anda perlu mengambil sertifikat ini. Untuk mendapatkan gelar CRISC, anda perlu menjawab 150 soal dalam waktu 4 jam. Profesional dengan sertifikasi CRISC dapat dibayar dengan jumlah yang cukup besar, yaitu sebesar USD 111,049 per tahun.

 

  1. Certified Information Systems Security Professional (CISSP)

Mirip dengan CISM, CISSP merupakan sertifikasi di bidang sistem keamanan informasi. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh International Information System Security Certification Consortium (ISC)2 . Sertifikasi ini menuntut pengetahuan luas mengenai desain, teknik, implementasi, serta menjalani program keamanan informasi dan sudah menjadi standar pencapaian dalam industri keamanan informasi. CISSP juga sudah memenuhi standar ISO/IEC 17024. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, anda perlu memiliki pengalaman kerja full time setidaknya 5 tahun dan memenuhi 2 atau lebih delapan domain (ISC)2 CISSP Common Body of Knowledge (CBK). Jika anda sudah mendapatkan gelar CISSP, anda akan siap dibayar rata-rata sebesar USD 111,475 per tahun.

 

  1. AWS Certified Developer – Associate

Amazon Web Services (AWS) Certified Developer merupakan sertifikasi untuk developer yang membuat dan menjaga aplikasi berbasis Amazon Web Services. Amazon Web Services adalah layanan Cloud Computing yang bisa digunakan sebagai platform pengembangan aplikasi secara online. Anda akan diuji tentang penilaian jenis pelayanan AWS untuk aplikasi, keahlian dalam platform Software Development Kits (SDKs), dan pengetahuan dalam keamanan aplikasi secara code-level. Setidaknya, anda harus memiliki pengalaman setahun bekerja dengan AWS dan memiliki satu jenis kemampuan bahasa programming tingkat tinggi (high-level programming language). Developer dengan sertifikasi ini dibayar rata-rata sebesar USD 114,148 per tahun.

 

  1. Project Management Professional (PMP)

Sertifikasi ini khusus untuk Project Manager (PM) dan merupakan salah satu dari sertifikasi bonafid di bidang manajemen proyek. Sertifikasi PMP dikeluarkan oleh Project Management Institute (PMI), lembaga internasional yang bergerak di bidang manajemen proyek. PM yang memiliki sertifikat ini dapat mengalami peningkatan pendapatan. Ada berbagai prasyarat yang harus dipenuhi dalam mengikuti ujian PMP ini (klik link ini untuk keterangan lebih lanjut). Seorang PM dengan sertifikasi PMP akan mengalami peningkatan pendapatan dalam karirnya. Rata-rata pendapatannya bisa sampai USD 114,473 per tahun.

 

  1. AWS Certified Solutions Architect – Associate

Masih berhubungan dengan teknologi AWS, sertifikasi akan menguji pengetahuan merancang, mengatur , dan mengimplementasi aplikasi berbasis AWS. Jika anda memiliki pengalaman kerja dengan AWS dan merancang sistem distribusi skala besar, anda wajib mengikuti sertifikasi ini. Anda perlu mengeluarkan biaya ujian sebesar USD 150 dengan jumlah soal sebanyak 65 buah (berdasarkan update terbaru di bulan Februari 2018). Seorang professional pemegang sertifikasi AWS Certified Solutions Architect bisa mendapatkan penghasilan sebesar USD 121,292 per tahun.

 

  1. Certified in the Governance of Enterprise IT (CGEIT)

Sertifikat yang dikeluarkan oleh ISACA ini menduduki peringkat pertama sebagai sertifikasi dengan nilai pendapatan tertinggi bagi para pemegangnya. Sertifikasi ini ditujukan bagi anda yang bekerja dalam bidang IT Governance. Ujian sertifikasi ini akan menguji pengetahuan IT Governance  dalam 5 domain, yaitu Framework IT Governance untuk perusahaan; manajemen strategis; benefits realization; risk optimization; resource optimization; pengalaman praktik bagi peserta. Setidaknya anda harus memiliki pengalaman kerja 5 tahun di bidang IT Governance. Jika anda mendapatkan sertifikat ini, anda bisa mendapat pembayaran sebesar USD 121,363 per tahun.

 

 

Comments

comments