Enam Negara Pemilik Sertifikat PMP Terbanyak di Asean, Indonesia di Urutan berapa yah?

Enam Negara Pemilik Sertifikat PMP Terbanyak di Asean, Indonesia di Urutan berapa yah?

Permintaan industri terhadap tenaga kerja yang telah memiliki sertifikat PMP semakin hari semakin tinggi. Berikut adalah daftar negara-negara di Asean diurutkan berdasarkan jumlah pemilik sertifikat PMP di negara tersebut.

Data pemilik sertifikat PMP adalah data per bulan Mei 2016. Sedangkan data estimasi jumlah tenaga kerja diambil dari CIA World Fact Book – Labor Force estimasi per 2015.

 

  1. Singapore

Posisi pertama ditempati oleh Singapore dengan jumlah pemilik sertifikat PMP sebanyak 10,334 orang. Negara kepulauan ini memiliki jumlah tenaga kerja yang sangat kecil, hanya 3,588,000 orang. Ini berarti untuk setiap 1 juta tenaga kerja di Singapore, ada sebanyak 2,880 orang pemilik sertifikat PMP.

Hal ini dimungkinkan karena Singapore memberikan subsidi yang sangat besar bagi tenaga kerja yang ingin mengembangkan kapabilitasnya dengan mengambil program-program pelatihan dan sertifikasi.

 

  1. Malaysia

Posisi kedua masih ditempati oleh salah satu tetangga terdekat kita, Malaysia, dengan jumlah pemilik sertifikat PMP sebanyak 3,247 orang. Malaysia memiliki jumlah tenaga kerja sebanyak 14,300,000 orang. Berarti, untuk setiap 1 juta tenaga kerja di Malaysia, terdapat sebanyak 227 orang pemilik sertifikat PMP.

 

  1. Phillipines

Posisi ketiga ditempati oleh Phillipines. Di negara yang baru saja melantik presiden terbarunya ini terdapat 1,239 orang pemilik sertifikat PMP. Dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 41,370,000 orang, berarti untuk setiap 1 juta tenaga kerja di Phillipines, terdapat sebanyak 30 orang pemilik sertifikat PMP.

 

  1. Indonesia

Negara kita menempati urutan ke empat dalam jumlah pemilik sertifikat PMP, yakni sebanyak 628 orang. Indonesia memiliki tenaga kerja yang paling besar dalam urutan ini, yakni sebanyak 122,400,000 orang. Untuk setiap 1 juta tenaga kerja di Indonesia, hanya terdapat 5 orang pemilik sertifikat PMP.

 

  1. Vietnam

Negara yang masih menganut paham komunisme ini menempati urutan ke lima dalam urutan ini, dengan pemilik sertifikat PMP sebanyak 501 orang. Vietnam, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 54,930,000 orang, dianggap sebagai pesaing utama kita dalam merebut investasi asing. Untuk setiap 1 juta tenaga kerja di Vietnam, terdapat 9 orang pemilik sertifikat PMP.

 

  1. Thailand

Thailand menempati urutan paling terakhir dalam urutan ini, dengan jumlah pemilik sertifikat PMP sebanyak 460 orang. Negara monarki ini memiliki tenaga kerja sebanyak 37,120,000 orang. Ini berarti, untuk setiap 1 juta tenaga kerja di Thailand, terdapat 12 orang pemilik sertifikat PMP.

 

Berikut adalah tabel yang berisikan data pemilik sertifikat PMP di negara-negara asia tenggara.

Semoga informasi ini bermanfaat dalam menentukan strategi anda menghadapi persaingan antar tenaga kerja yang makin kompetitif, terlebih semenjak diberlakukannya MEA. Sudah bukan zamannya kita menuntut dibukanya peluang kerja ataupun kesempatan peningkatan karir, saat ini adalah zamannya kita yang harus memantaskan diri dengan meningkatkan kemampuan dan kapabilitas agar siap menghadapi persaingan dari segala penjuru.

1 Comment

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *