Agile Manifesto

Agile Manifesto

Pada tahun 2001, beberapa pemimpin di industri software berdiskusi dan memutuskan perlu adanya perubahan dalam pendekatan pengembangan software sehingga mereka merumuskan Agile Manifesto.

We are uncovering better ways of developing software by doing it and helping others doing it. Through this work we have come to value:
 ­
Individuals and Interactions over processes and tools
Working software over comprehensive documentation
Customer collaboration over contract negotiation
Responding to change over following a plan
 ­
That is, while there is value in the items on the right, we value the items on the left more

Individuals and Interactions over processes and tools

Adalah individu-individu didalam tim yang akan mengembangkan product ataupun hasil yang diharapkan, oleh karena itu peranan dan kontribusi dari setiap individu dianggap lebih penting dibandingkan hanya sekedar mengikuti proses baku yang ada.
Tools yang digunakan dalam setiap project tentunya sangat berguna namun tidak akan pernah dapat menggantikan interaksi secara langsung, contohnya email dan messenger tools memiliki efektifitas yang lebih rendah dibanding diskusi face to face.

Working software (product) over comprehensive documentation

Apa yang lebih di hargai oleh client? Setumpuk dokumentasi perencanaan product atau product sebenarnya yang dapat dilihat dan digunakan? Kami yakin anda akan memilih jawaban yang kedua.
Walaupun dokumentasi perencanaan suatu product juga sangat berguna namun client atau pengguna akan lebih dapat memberikan feedback yang berguna dari suatu product yang bisa mereka lihat dan gunakan dibanding dokumen. Oleh karena itu pendekatan agile lebih mementingkan untuk sesegera mungkin merilis product, walaupun secara parsial.

Customer collaboration over contract negotiation

Pernahkah project anda terjebak dalam kondisi scope creep? Tentunya itu adalah pengalaman buruk yang sebisa mungkin akan anda hindari, bukan? Value ketiga dalam Agile Manifesto dipercaya akan dapat meminimalisir kemungkinan scope creep terjadi.
Berkolaborasi secara dekat dengan client ataupun pengguna dari awal dan sepanjang project selain memastikan seluruh individu yang terlibat di project memiliki kesepahaman yang sama terhadap apa yang coba dibangun, juga akan menumbuhkan Trust yang sangat berharga untuk kesuksesan project.

Responding to change over following a plan

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat menciptakan kondisi yang sangat dinamis. Apa yang anda bangun saat ini bisa jadi tidak relevan lagi beberapa saat kemudian. Oleh karena itu, walaupun perencanaan masih memegang peranan penting, namun kegesitan untuk selalu mengikuti perubahan dihargai lebih didalam Agile Manifesto.

Kesimpulan

Nilai-nilai yang terkandung dalam Agile Manifesto sangat cocok untuk menjawab tantangan saat ini. Namun pendekatan Agile belum tentu cocok untuk semua masalah. Hal ini, beserta 12 prinsip Agile, akan kami bahas di artikel selanjutnya. Jadi daftarkan email address anda di form mailing list di bagian bawah halaman ini.

Selain itu, kami sangat ingin mendengar pendapat anda. Dari 4 nilai di Agile Manifesto ini, mana yang paling sesuai untuk kondisi anda saat ini?

Comments

comments