Apa itu PMBOK dan PMBOK® Guide ?

Apa itu PMBOK dan PMBOK® Guide ?

Pernah mendengar kata PMBOK? Kalau dulu di kampus pernah ada mata kuliah Project Management, bisa jadi silabus mata kuliah tersebut berdasarkan PMBOK, ataupun kalau tidak, kemungkinan besar PMBOK pernah disinggung setidaknya sekali. Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu PMBOK.

Apa itu PMBOK?

PMBOK, singkatan dari Project Management Body of Knowledge, adalah kumpulan pengetahuan khusus mengenai pengelolaan project. Setiap beberapa tahun sekali PMI, Project Management Institute, mengeluarkan buku PMBOK® Guide edisi terbaru. Saat ini yang terbaru adalah edisi kelima yang dirilis pada tahun 2013.

Apa itu PMBOK - Cover buku PMBOK Guide

Buku PMBOK® Guide menyediakan pedoman untuk mengelola project, mendefinisikan perihal konsep-konsep dalam project management, menjabarkan mengenai Project Management Life Cycle dan Project Life Cycle, dan juga berisikan mengenai proses-proses yang ada didalam project management.

PMBOK® Guide dijadikan acuan referensi untuk ujian sertifikasi PMP, Project Management Professional, yang merupakan kredensial project management yang paling di akui di dunia saat ini. Jadi jika anda berniat untuk mengambil ujian PMP dalam waktu dekat ini, pastikan anda sudah menjadikan buku PMBOK® Guide sebagai teman dekat anda 🙂

 

Siapa sih yang bikin PMBOK® Guide ?

Pertanyaan pertama saya pada saat menerima buku PMBOK® Guide edisi keempat beberapa tahun lalu.

PMBOK® Guide di publikasi dan dikelola oleh PMI (Project Management Institute) dengan bantuan dari ratusan pakar project management dari seluruh dunia. Untuk setiap edisi, PMI akan membentuk komite inti. Dibawah ini adalah komite inti untuk PMBOK® Guide edisi kelima. Diluar komite utama, masih terdapat ratusan kontributor dan reviewer yang meluangkan waktunya untuk PMBOK® Guide edisi kelima.

 

Apa itu PMBOK - PMBOK Guide Fifth Edition Core Committee

 

Dimana bisa mendapatkan PMBOK® Guide?

Anda bisa mendapakan PMBOK® Guide edisi digital dalam bentuk digital secara gratis dari PMI jika anda adalah member aktif PMI, atau anda dapat membeli edisi digital maupun cetak dari Amazon.

Untuk anda yang ingin mengambil ujian PMP, kami sarankan untuk menjadi member aktif PMI agar dapat mendapatkan PMBOK® Guide edisi digital. Edisi digital memudahkan anda untuk melakukan pencarian dibanding versi cetak dimana anda harus membalik-balik halaman hanya untuk menemukan suatu kalimat ataupun kata kunci.

Comments

comments

3 Comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *