Mengenal Sertifikat PMP® Lebih Dekat

Mengenal Sertifikat PMP® Lebih Dekat

Jika anda merupakan atau berminat menjadi Project Manager, Anda harus mengenal PMP®!

Apa itu PMP®?

Sertifikat PMP® atau Project Management Professional adalah sertifikat profesional di bidang Project Management yang ditujukan bagi Project Manager (PM). Sertifikat ini dikeluarkan dan dikelola oleh PMI (Project Management Institute), sebuah badan nirlaba di Amerika Serikat yang fokus bergerak di bidang project management.

Pada saat artikel ini dibuat, terdapat lebih dari 723.000 pemilik sertifikat PMP di 206 negara di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 600 pemilik sertifikat PMP. Diharapkan jumlah PM yang memegang sertifikat PMP akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Lantas, mengapa menjadi seorang PM harus memiliki sertifikat PMP®?

Sertifikat PMP® telah diakui sebagai “gold standard” dalam sertifikat project management. Badan-badan pemerintah dunia, perusahaan nasional dan multi-nasional, sampai organisasi non-profit di banyak negara percaya dengan memperkerjakan project manager yang memiliki sertifikat PMP. Hal tersebut karena kualifikasi mereka dianggap dapat meningkatkan tingkat keberhasilan proyek.

Karena sudah diakui dan oleh semua institusi global dan lokal, secara otomatis Project Manager yang telah memegang sertifikat PMP® dapat menikmati kesempatan karir yang lebih luas dan pendapatan yang lebih besar.

Bagaimana seorang Project Manager mendapatkan Sertifikat PMP®?

Tentunya Project Manager tersebut harus mengikuti ujian PMP (PMP Examination) yang diadakan oleh PMI. Ada prasyarat untuk anda yang mendaftar mengikuti ujian PMP dan pastikan prasyarat telah terpenuhi. Prasyaratnya adalah sebagai berikut:

  • Four-year Degree (sarjana)
  • Sudah menempuh waktu 4.500 jam untuk terlibat dan memimpin proyek.
  • Sudah menempuh pelatihan (training) Project Management selama 35 jam.

Atau

  • Secondary Degree (SMU atau sederajat, D1, D2, D3 atau sederajat)
  • Sudah menempuh waktu 7.500 jam untuk terlibat dan memimpin proyek
  • Sudah menempuh pelatihan (training) Project Management selama 35 jam.

Bagaimana ujian PMP dilaksanakan?

Ujian PMP dilaksanakan di lokasi khusus milik Prometric, lembaga proktor ujian yang bekerjasama dengan PMI.

Durasi ujian selama 4 jam dengan jumlah pertanyaan sebanyak 200 pertanyaan. Secara umum, silabus pertanyaan ujian PMP adalah sebagai berikut:

 

Process Group

Percentage

Initiating 13%
Planning 24%
Executing 31%
Monitoring & Controlling 25%
Closing 7%

Tertarik untuk mendapatkan sertifikat PMP untuk menunjang kinerja anda sebagai PM yang profesional, namun bingung dengan ujian PMP?

MagnaQM menawarkan training untuk mempersiapkan anda menghadapi ujian PMP. Untuk info lebih lanjut, silakan menghubungi training@magnaqm.com ataupun 021-80641045

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *