Bagaimana alur pendaftaran ujian PMP®?

Bagaimana alur pendaftaran ujian PMP®?

Ada jalan menuju sertifikasi PMP…

– – –

 

Pertanyaan ini jujur saja sering saya dapatkan ketika menerima telepon dari para profesional yang penasaran dengan program-program pelatihan dari MagnaQM. Oleh karena itu, artikel ini saya tulis untuk menjawab rasa keingintahuan anda mengenai ujian Project Management Professional (PMP®). Informasi dasar mengenai ujian PMP® telah dipublikasi sebelumnya di artikel sebelumnya. Khusus untuk artikel ini, saya akan menjelaskan alur pendaftaran ujian PMP®.

 

Lantas, bagaimanakah alur pendaftaran PMP® itu sendiri?

 

  1. Menjadi anggota Project Management Institute (PMI)

Saya menyarankan anda untuk menjadi anggota PMI terlebih dahulu untuk mendaftar ujian PMP. Mengapa? Karena dengan anda menjadi anggota PMI, harga ujian PMP yang dikeluarkan akan lebih murah ketimbang bukan anggota. Lantas, bagaimana caranya mendaftar menjadi anggota PMI? Anda tinggal ke situs resmi PMI dan klik Membership. Anda akan mendapat informasi mengenai keanggotaan PMI. Biaya yang dikeluarkan untuk menjadi anggota PMI per tahunnya adalah USD 129. Jika anda mendaftar untuk pertama kali, anda akan dikenakan tarif tambahan USD 10.

 

  1. Pengajuan Berkas

Setelah anda terdaftar sebagai anggota PMI, anda bisa klik menu Certifications dan pilih menu Project Management Professional (PMP®) pada bagian Certification Types. Selanjutnya, klik Apply Now pada sisi kanan laman. Jangan lupa klik Apply pada link PMP Credential. Anda nantinya akan dibawa ke laman aplikasi PMP. Masukkan informasi-informasi yang dibutuhkan dan pastikan anda juga sudah memenuhi prasyarat mengikuti ujian PMP® ketika mengisinya. Setidaknya PMI membutuhkan waktu lima hari untuk me-review dan menyetujui aplikasi anda. Jika aplikasi anda mendapat kesempatan random audit, anda harus mengirimkan berkas-berkas sebagai bukti prasyarat, seperti sertifikat pelatihan Project Management (PM), copy ijazah dan surat pernyataan mengikuti proyek dari supervisor. Anda memiliki waktu 90 hari untuk mengirimkan berkas-berkas tersebut.

 

  1. Pembayaran & Penjadwalan Ujian

Setelah anda mendapatkan email persetujuan dari PMI, anda dapat membayar biaya ujian PMP. Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit, cek, wesel, dan transfer rekening (untuk informasi lebih lanjut, anda bisa email ke customercare@pmi.org). Jika anda sudah menjadi anggota PMI, anda hanya perlu membayar USD 405/ EUR 340, sedangkan untuk bukan anggota PMI anda perlu membayar lebih mahal lagi, yaitu sekitar USD 555/ EUR 465. Setelah biaya ujian dibayar, anda dapat menjadwalkan ujian PMP. Ketika anda sudah mendapatkan tanggal ujian, namun membatalkan jadwal tersebut dalam rentang sebelum 30 hari dari tanggal yang ditentukan (contohnya anda mendapat jadwal ujian 3 Maret, tetapi anda membatalkan ujian di tanggal 28 Februari), anda perlu menambah biaya ujian lagi sebesar USD 70. Jadi, hati-hati dalam memilih tanggal, ya!

 

  1. Ujian PMP

Ini merupakan inti dari mengapa anda mendaftar PMP, yaitu ujian. Ujian PMP diselenggarakan dengan Prometric. Tahukah anda mengenai detail ujiannya, seperti jumlah soal dan materi ujian? Jika belum, anda perlu membaca artikel ini. Ujian PMP untuk di Indonesia berformat CBT (Computer Based Test), sehingga hasil tes bisa langsung dilihat setelah ujian berakhir. Ketika berkas anda sudah diterima oleh PMI, anda memiliki kesempatan untuk mengikuti ujian PMP dalam rentang waktu satu tahun. Tarif yang dikenakan untuk ujian kembali lebih murah, yaitu sekitar USD 275 untuk anggota PMI dan USD 375 untuk bukan anggota PMI. Ketika anda dinyatakan lulus ujian PMP, maka anda akan mendapatkan sertifikat dan gelar PMP di belakang nama anda.

 

Begitulah alur pendaftaran PMP yang harus anda lalui jika anda ingin mendapat gelar PMP. Pastikan anda cermat dan teliti dalam menjalani semua prosedurnya. Semangat!

 

Sumber Gambar:

unsplash.com

hoffman-info.com

Comments

comments