Project Manager vs Program Manager

Project Manager vs Program Manager

Jangan sampai bingung dalam membedakan mereka, karena tugas dan peran mereka begitu berbeda….

– – –

Seringkali dalam suatu organisasi, kita menemukan sosok Project Manager dan Program Manager. Jangan sampai bingung dalam membedakan mereka, karena tugas dan peran mereka begitu berbeda.

 

Sebelum mengenal perbedaan diantara mereka, marilah kita mengetahui apa itu proyek dan program.

 

Berdasarkan PMBOK edisi keenam, Proyek didefinisikan sebagai usaha yang bersifat temporer untuk menghasilkan hasil, produk dan pelayanan yang bersifat unik, sementara program merupakan sekelompok proyek-proyek yang berkaitan dan merupakan bagian dari tujuan dan objektif dari program.

 

Biasanya keberhasilan suatu proyek akan diukur dari kualitas produk yang dihasilkan, kepuasan dari pengguna dan kesesuaian anggaran/budget, sementara kesuksesan program diukur dari kemampuannya dalam mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, termasuk keefisienan dan keefektifan suatu program dalam mendatangkan keuntungan.

 

Balik lagi dalam membedakan Project Manager dan Program Manager. Program Manager merupakan pemimpin visioner yang bertanggung jawab dalam menggambarkan daftar-daftar proyek yang diperlukan dalam mencapai tujuan suatu program. Mereka fokus dalam strategi, implementasi, dan bagaimana mendelegasikan proyek secara tepat kepada Proyek Manager. Project Manager lah yang nantinya akan mengatur keberlangsungan proyek dalam suatu program dengan berkoordinasi mengenai waktu, anggaran, dan sumber daya yang ada. Nantinya, Project Manager akan melaporkan perkembangan dan perubahan suatu proyek kepada Program Manager melalui Initial Project Plan.

 

Berikut adalah perbedaan antara Project Manager dan Program Manager. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada anda mengenai perbedaan diantara mereka serta program dan proyek.

 

Masih belum memahami perbedaan keduanya setelah membaca artikel ini? Atau masih ada pertanyaan lebih lanjut tentang mereka? Pahami dan pelajari lebih lanjut perbedaan mereka melalui program-program pelatihan dari MagnaQM. Hubungi +6281905317165 (Telepon dan Whatsapp) atau email di annisa@magnaqm.com untuk informasi lebih lanjut.

Comments

comments