Project Manager Wajib Memiliki Kemampuan Ini!

Project Manager Wajib Memiliki Kemampuan Ini!

 

Sudah kenal dengan segitiga ini?

– – –

 

Mengapa suatu proyek mengalami kegagalan?

Mungkin hal itu terlintas di benak ketika anda harus menerima kenyataan atau menyaksikan sendiri bagaimana suatu proyek dikatakan gagal, seperti keterlambatan dalam penyelesaian, menghasilkan produk yang tidak sesuai dengan yang diinginkan, atau anggaran yang membengkak.

Jika anda mencoba menjawab pertanyaan diatas, mungkin sosok Project Manager (PM) sempat terlintas di pikiran anda. Ya, PM merupakan salah satu sosok penting dalam suatu proyek. Pertanyaannya yang muncul mungkin bisa seperti ini:

 

“Ada apa dengan PM proyeknya?”

“Bagaimana kompetensi si PM dalam menyelesaikan proyeknya tersebut?”

 

Jika anda bertanya seperti itu, maka anda harus mengetahui konsep ini!

Menurut Project Management Institute (PMI), seorang PM yang berkompeten setidaknya membutuhkan tiga kemampuan di dalam hal penyelesaian proyek. Ketiga kemampuan itu disebut dengan The PMI Talent Triangle (Segitiga Talenta PMI). Siapa sajakah mereka?

 

  1. Technical Project Management

Kemampuan ini didefinisikan sebagai kemampuan mengaplikasikan ilmu-ilmu Project Management ke dalam proyek atau program. Tentunya ada banyak teknik-teknik tentang Project Management yang bersifat teknis. Berdasarkan PMBOK edisi keenam, ada tiga hal yang harus diketahui dan dikuasai oleh PM terkait kemampuan ini. Mereka adalah:

  • Fokus terhadap elemen-elemen manajemen proyek yang bersifat penting dan teknis, seperti faktor-faktor kritis proyek, jadwal, laporan keuangan, dsb
  • Menyesuaikan penyelesaian proyek dengan framework/alat (tool) tradisional (Waterfall) atau Agile. Hal ini menunjukkan bahwa seorang PM harus bisa mengaplikasikan teknik dan metode yang ada dalam framework yang dipilih ke dalam setiap proyek yang dijalani dengan baik.
  • Mengestimasi waktu (timing) dalam rencana proyek yang dibuat.
  1. Kemampuan Kepemimpinan (Leadership)

Merupakan salah satu soft skill vital yang harus dimiliki oleh seorang PM. Kemampuan ini berpengaruh ketika PM mengarahkan dan memotivasi anggota-anggota tim proyek. Tidak hanya hal itu saja, PM dituntut memiliki kemampuan negosiasi, pemecahan masalah komunikasi, dan interpersonal yang baik.

  1. Strategic and Business Management

Kemampuan ini memang mirip dengan leadership, namun fokus utama kemampuan ini adalah kemampuan mengimplementasikan strategi dan ilmu industri. Diharapkan dari kemampuan ini, PM dapat mengeksekusi proyek berdasarkan strategi perusahaan, jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang dimiliki PM, dan ilmu industri pada proyek yang dijalani. Berdasarkan studi PMI mengenai proyek yang dijalani dengan strategi perusahaan, ada peningkatan laju kesuksesan proyek dari 58% menjadi 72%. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan ini sangat penting untuk diimplementasikan oleh PM.

 

Pahami lebih lanjut esensi dan implementasi dari tiap kemampuan dalam The PMI Talent Triangle melalui program-program pelatihan dari kami. Hubungi 081905317165 (Telepon/SMS/Whatsapp) atau email di annisa@magnaqm.com untuk informasi lebih lanjut.

Comments

comments