Project Scope vs Product Scope

Project Scope vs Product Scope

Artikel ini membahas mengenai  project scope dan product scope, hubungan dan juga perbedaan antara dua istilah tersebut.

– – –

Product Scope adalah fitur dan fungsi yang merupakan karakteristik dari sebuah produk maupun sebuah layanan.

Project Scope adalah aktifitas maupun pekerjaan yang harus dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk yang sesuai dengan Product Scope nya.

Project-Scope-vs-Product-Scope

Dari definisi diatas jelas terdapat perbedaan diantara dua istilah tersebut. Product scope memberikan kita gambaran yang jelas perihal produk maupun layanan dan Project scope memberikan kita cakupan apa saja yang akan dikerjakan didalam project untuk menghasilkan produk maupun layanan tersebut.

Jadi, sebelum kita dapat menentukan scope dari suatu project kita harus menentukan terlebih dahulu scope dari apa yang akan dihasilkan oleh project.

 

Ada kalanya Product scope tidak dapat di dapatkan 100 % diawal project, hal tersebut dimungkinkan karena berbagai faktor seperti dependensi suatu produk terhadap produk yang juga sedang di kembangkan ataupun persaingan pasar yang ketat mengharuskan produk yang sedang di develop untuk selalu menggunakan teknologi yang terbaru.

Dengan menerapkan konsep Progressive Elaboration, kita dapat menentukan Project scope sebatas dari Product scope yang sudah jelas.

 

Comments

comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *