Project vs Operation

Project vs Operation

Didalam setiap organisasi, ada dua jenis tipikal pekerjaan, yakni project dan operation. Sumber daya di organisasi dikerahkan untuk mengerjakan pekerjaan project ataupun operation dengan skala prioritas yang di tentukan oleh management. Artikel ini akan membahas mengenai project vs operation.

Definisi Project vs Operation

Project adalah usaha yang bersifat sementara untuk menghasilkan output yang unik (PMBOK p3). Sedang  Operations adalah usaha yang sedang berlangsung dan biasanya bersifat repetitive process dan mengikuti prosedur yang ada. Output dari Operations tidak bersifat unik karena sifat repetitive dari operations.

Jadi, Project vs Operation.

Project : Sementara, Output unik

Operation : Ongoing, Output tidak unik

Contoh Project dan Operation

Contoh project:

  • Konstruksi gedung baru
  • Desain produk baru

 

Project vs Operation - Contruction Site Image

 

Jika suatu perusahaan konstruksi sudah biasa membangun gedung baru, bahkan jika perusahaan tersebut membangun gedung yang sama persis di dua tempat yang berbeda, walaupun hasilnya adalah dua gedung yang sama persis (tidak unik) namun faktor lokasi yang berbeda, client yang mungkin berbeda, bahkan faktor cuaca maupun lingkungan dan masyarakat yang berbeda akan membedakan jalannya pembangunan dua gedung tersebut yang menyebabkan pembangunan dua gedung tersebut tidak dapat disebut sebagai operations, dan harus disebut sebagai project.

 

Contoh operation:

  • Produksi produk makanan retail di pabrik
  • Proses akunting

 

Project vs Operation - Pizza Factory Image

 

Produksi produk makanan retail di pabrik dapat di di sebut sebagai project hanya pada saat pertama kali jenis produk tersebut di produksi, karena ada proses konfigurasi mesin dan lainnya. Produksi setelah itu sudah dikategorikan sebagai operation.

Comments

comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *