RACI Matrix

RACI Matrix

Pada saat membahas mengenai RACI Matrix di kelas, para peserta cenderung dengan mudah mengerti dan paham tentang matrix satu ini, namun tiba pada saat simulasi, masih terdapat beberapa kesalahpahaman mengenai perbedaan antara R-A-C-I.

RACI Matrix, bagian dari RAM (Responsibility Assignment Matrix), adalah tool yang digunakan untuk menampilkan penugasan tiap-tiap anggota project untuk masing-masing aktifitas. Penugasan untuk tiap anggota bisa berbeda-beda tergantung skill dan tanggung jawab yang di bebankan. Perbedaan tersebut direpresentasikan dengan huruf R-A-C-I.

 

 

Example of RACI Matrix

 

 

R – Responsible. Pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk mengerjakan  aktifitas yang dimaksud. Dalam setiap aktifitas, bisa terdapat lebih dari 1 orang.

A – Accountable. Pihak yang memiliki otoritas dan akuntabilitas untuk aktifitas yang dimaksud. Berarti pihak ini memiliki tanggung jawab utama untuk memastikan keberhasilan pengerjaan aktifitas tersebut. Dalam setiap aktifitas, hanya boleh ada 1 orang.

C – Consulted. Pihak-pihak yang akan dihubungi untuk konsultasi dan dimintakan nasihat mengenai aktifitas yang dimaksud. Dalam setiap aktifitas, bisa terdapat lebih dari 1 orang.

I – Informed. Pihak-pihak yang akan di informasikan mengenai perkembangan pengerjaan aktifitas yang dimaksud. Dalam setiap aktifitas, bisa terdapat lebih dari 1 orang.

Dapatkan Template RACI Matrix dari MagnaQM

 

Responsible vs Accountable

Terkadang rancu untuk membedakan antara responsible dan accountable. Terlebih, resposible jika di translate menjadi “tanggung jawab” dan accountable pun juga bisa memiliki makna yang sama.

Pada dasarnya, pihak yang di assign Responsible adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengerjakan aktifitas tersebut dan bertanggung jawab ke pihak Accountable.

Pihak Accountable bertanggung jawab untuk memastikan hasil pekerjaan dari aktifitas tersebut sesuai dengan rencana yang ada. Jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam pekerjaan aktifitas, yang bertanggung jawab adalah pihak Accountable, bukan pihak Responsible.

Bagaimana jika project anda tidak memiliki banyak anggota, mungkinkah orang yang sama di assign Responsible dan Accountable bersamaan? Bisa.

 

Consulted vs Informed

Consulted adalah bentuk komunikasi dua arah dimana pihak Consulted akan memberikan nasihat maupun konsultasi ke pihak Responsible maupun pihak Accountable.

Informed adalah bentuk komunikasi satu arah dari pihak Responsible maupun pihak Accountable ke pihak Informed.

 

Mengapa kita menggunakan RACI Matrix

1. Bentuk matrix yang memudahkan untuk melihat penugasan setiap pihak di dalam project.

2. Dapat dengan mudah melihat siapa yang memiliki akuntabilitas untuk masing-masing aktifitas.

3. Dapat digunakan sebagai input dalam analisa beban kerja.

4. Dapat dijadikan referensi untuk mengetahui siapa saja yang harus diinformasikan ataupun di konsultasikan di masing-masing aktifitas.

 

Rambu-rambu pada RACI Matrix

1. Pastikan setidaknya ada 1 pihak responsible dan 1 pihak accountable pada tiap aktifitas. Memungkinkan untuk menugaskan Accountable dan Responsible pada satu pihak jika dibutuhkan.

2. Pastikan hanya ada 1 pihak accountable pada setiap aktifitas.

3. Perhatikan agar tidak terlalu banyak pihak Informed pada tiap aktifitas untuk menghindari “noise” pada jalur komunikasi anda.

 

Kesimpulan

RACI Matrix adalah tool yang sangat berguna untuk mengelola penugasan sumber daya manusia pada project anda. Pastikan matrix ini selalu terbaharui sesuai dengan perkembangan perubahan di dalam project anda.

Dapatkan Template RACI Matrix dari MagnaQM

Comments

comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *