Kendalikan Proyek Anda Dengan Membaca Artikel Ini

Kendalikan Proyek Anda Dengan Membaca Artikel Ini

Untuk informasi lebih lanjut, baca dan pahami artikel ini.

– – –

 

Anda sedang menjalani proyek? Jika jawabannya adalah iya, bagaimanakah perkembangan dari proyek anda tersebut?

 

Bila anda merasakan kelancaran ketika menjalani proyek, hal yang bagus. Anda bahkan tidak perlu membaca artikel ini lagi. Akan tetapi, bila anda merasakan proyek yang anda jalani terhambat, saya sangat menganjurkan anda membaca artikel ini.

 

Proyek adalah sesuatu yang unik dan bersifat temporer. Penanganannya tidak sama dengan pekerjaan yang rutin dilakukan dan bersifat kontinu (operasi). Dibutuhkan ilmu pengetahuan dan teknik-teknik tertentu untuk mengendalikannya. Ilmu pengetahuan itu bernama manajemen proyek (Project Management).

 

Project Management Institute (PMI) mendefinisikan Manajemen Proyek (Project Management) sebagai ilmu terapan dari prinsip-prinsip, kemampuan, alat-alat (tools), dan teknik dari aktivitas proyek dalam memenuhi kebutuhan proyek itu sendiri. Proyek dikatakan sukses apabila memenuhi kriteria berdasarkan tiga hambatan utama dalam proyek, yaitu lingkup (scope) yang tercapai, proyek yang berjalan selesai tepat waktu (time), dan sesuai dengan anggaran yang diberikan (cost).

 

Berdasarkan prosesnya, proyek terbagi atas lima fase, yaitu Inisiasi (Initiating), Perencanaan (Planning), Eksekusi (Executing), Pengawasan dan Kontrol (Monitoring and Controlling), dan Akhir/Penutup (Closing). Proses yang dilalui terkadang tidaklah sama dengan apa yang direncanakan. Oleh karena itu, ilmu manajemen perubahan dan resiko (Management of Change and Risks) juga diperlukan dalam Project Management.

 

Itulah sekilas mengenai Manajemen Proyek (Project Management). Tidak diragukan lagi bahwa  mempelajarinya begitu penting. Tertarik untuk mempelajarinya? Anda tidak harus menjadi seorang Project Manager (PM) untuk bisa memelajarinya, bahkan jika anda seorang anggota tim proyek, ilmu ini tentunya sangat berguna untuk anda.

 

 


Ingin mendapatkan artikel ini lebih awal?

Comments

comments