4 Informasi Tentang Atasan (PM Harus Tahu!)

4 Informasi Tentang Atasan (PM Harus Tahu!)

 

Appreciation from a good boss is only something you can give (anonymous)

– – –

 

Dalam suatu organisasi di suatu perusahaan, Project Manager (PM) memiliki atasan-atasan secara struktural. Atasan seorang Project Manager (PM) bisa berupa Senior ManagementProgram Management dan sebagainya.

Sifat-sifat atasan PM tersebut tentunya sangat beragam. Ada seorang atasan yang baik, super teliti, bahkan ada juga yang gila jabatan. Perbedaan karakter tiap individu tersebut tidak terlepas dari faktor internal (potensi bakat, pikiran perasaan, indera, dsb) serta eksternal (faktor lingkungan, keluarga dan pendidikan).

Terlepas dari kepribadian atasan PM, ada baiknya anda sebagai PM mengetahui dan menerapkan hal-hal di bawah ini kepada atasan anda. Apa sajakah itu?

 

  1. Malu bertanya sesat di jalan

Ketika melihat atasan anda mampu menyelesaikan sesuatu, anda bisa saja begitu penasaran mengapa atasan anda bisa menyelesaikannya. Satu hal yang perlu dilakukan adalah, jangan ragu bertanya. Bebaskan diri anda untuk bertanya padanya dengan baik-baik. Siapa tahu, anda bisa mendapatkan jawaban yang dapat membuka pemikiran anda.

 

  1. Bos punya hak untuk mengambil keputusan

Hal ini mungkin sudah menjadi aturan baku yang tidak tertulis pada perusahaan manapun. Lantas, bagaimana jika keputusan yang diambil atasan tersebut anda rasa tidak tepat? Anda boleh saja mengatakan keberatan dengan baik-baik. Syukur-syukur sang bos dapat mempertimbangkan pemikiran anda. Sebaliknya, jika bos anda memilih untuk tetap pada keputusannya di awal, anda harus mengikutinya dan mengusahakan supaya mendapatkan hasil yang terbaik.

 

  1. Project Manager + Program Manager = Tim

Bekerjalah sebagai satu tim dengan Program Manager. Program Manager biasanya merupakan suatu penyokong dalam suatu perusahaan dan ia harus terikat dengan pembuat keputusan. Peran Program Manager juga dapat menyokong pekerjaan Project Manager agar Project Manager terikat juga dengan sang pembuat keputusan.

 

  1. Ketahui siapa pembuat keputusan (decision maker) dalam suatu program

Program terdiri atas sekelompok proyek-proyek yang berkaitan dan merupakan bagian dari tujuan dan objektif program. Tentu, keputusan pada suatu program sangat memengaruhi jalannya suatu proyek. Oleh karena itu, cari tahu siapakah orang yang dikategorikan sebagai decision maker. Cobalah untuk mendapat akses komunikasi, baik secara formal dan informal.
 

Sumber:
http://ensiklo.com/2014/06/01/faktor-apa-saja-yang-membentuk-kepribadian-seseorang/
https://www.qerja.com/journal/view/335-enam-tipe-bos-menyebalkan-dan-cara-menghadapinya/

Comments

comments