5 Hal Tentang PM: Anda Harus Tahu! (Bagian 1)

5 Hal Tentang PM: Anda Harus Tahu! (Bagian 1)

Seberapa banyak hal yang anda tahu tentang Project Manager?

– – –

 

Apa yang anda ketahui tentang Project Manager? Seorang komunikator? Atau seorang yang sangat sibuk mengoordinasikan proyek  dengan berbagai pihak?

 

Sebenarnya, masih banyak hal-hal yang harus diketahui dari Project Manager selain dua hal yang disebutkan sebelumnya. Jerry Madden, seorang Director Asosiasi pada Direktorat Proyek Penerbangan di NASA telah mengumpulkan beberapa aturan wajib yang harus diketahui dan diterapkan oleh Project Manager (PM). Apa sajakah itu?

 

  1. Rajin Berkomunikasi dengan Setiap Orang dalam Proyek

Seorang PM seharusnya berkomunikasi dengan setiap orang yang terlibat dalam proyeknya, setidaknya sekali saja. Bahkan, seorang PM wajib tahu semua manajer di dalam proyeknya (baik dari pemerintahan dan kontraktor) dan anggota tim proyeknya. Mengapa PM harus berhubungan dengan mereka semua? Karena mereka menilai sang PM tertarik dengan kinerja mereka. Secara tidak langsung, mereka akan merasa dihargai.

 

  1. Tahu Motivasi Kontraktor Proyek

Jika suatu proyek ada kontraktornya, PM harus tahu hal-hal apa yang menjadi daya tarik dari kontraktor proyek. Hal-hal tersebut bisa dari sistem penghargaan mereka, peraturan mereka dan kultur perusahaan mereka.

 

  1. Prinsip manajemen masih sama dari tahun ke tahun

Ya, dasarnya mereka masih tetaplah sama dari tahun ke tahun. Hanya alat (tool)-nya saja yang berubah seiring tuntutan jaman.

 

  1. Dunia itu Sempit

Ungkapan “Dunia itu Sempit” juga berlaku di dunia manajemen proyek! Siapa saja orang yang berurusan dengan anda dalam urusan proyek, anda akan sering bekerja sama dengan orang-orang yang sama di proyek selanjutnya. Jadi, usahakan diri anda untuk selalu respek dengan rekan kerja anda, ya!

 

  1. Wanita dan PM

Kabar gembira buat anda seorang wanita. Sekalipun anda tipe wanita yang galak atau kurang disukai orang, namun bisa berpikiran layaknya seorang gentlemen, anda bisa menjadi seorang PM. Sebaliknya jika anda seorang yang suka menunda-nunda pekerjaan dan tidak punya pendirian, anda akan susah untuk menjadi seorang PM.

 

(To be continued…)

Comments

comments