5 Hal Tentang PM: Anda Harus Tahu (Bagian 2)

5 Hal Tentang PM: Anda Harus Tahu (Bagian 2)

 

Baca dulu artikel sebelumnya disini!

– – –

 

Masih ingat dengan nasihat untuk PM?

Kami masih memiliki beberapa nasihat lagi untuk anda! Nasihat tersebut terkait dengan bagaimana peran anda dalam menjalani proyek sebagai Project Manager (PM). Anda bisa membaca artikel sebelumnya disini. Berikut lima aturan lanjutannya.

 

6. Nyaman dengan Ketidakamanan.
Seorang PM adalah orang yang terus menunggu tugas (assignment) dan harus siap dengan risiko kegagalan proyek. PM harus siap dengan ketidakamanan yang kerap terjadi dalam proyek dan harus beradaptasi dengannya. Ya, keamanan bukanlah hal yang normal bagi seorang PM.

 

7. Berpikir panjang

Solusi dan implementasi yang cepat terkadang memang dibutuhkan dalam proyek, namun ada satu hal lagi yang harus PM. Ambil waktumu untuk berpikir apa konsekuensi dari langkah-langkah yang anda ambil dalam suatu proyek.

 

8. Temukan kemauan bos anda

Boleh saja bos anda tidak tahu teknis penyelesaian pada tasks yang PM dan tim proyek kerjakan, tetapi pastikan ia tahu apa yang ia mau. PM bisa turut membantunya dalam menemukan ekspektasinya. Seorang pemimpin yang tidak tahu apa ekspektasinya akan membuat proyek tidak berkembang.

 

9. PM dan keberuntungan

Tidak semua PM yang sukses dalam penyelesaian proyek adalah orang-orang yang kompeten dan tidak semua PM yang gagal merupakan seorang yang tidak kompeten. Ya, keberuntungan terkadang bermain dalam kesuksesan dan kegagalan proyek. Akan tetapi, kita harus ingat bahwa keberuntungan lebih cenderung terjadi pada PM yang kompeten dan bekerja keras.

 

10. PM yang sukses

Kesuksesan PM dalam menjalani suatu proyek banyak selain ditentukan dari kompetensi dan sifat PM, juga ditentukan dengan kekuatan dan kemampuan tim proyeknya. Jadi, pilihlah anggota tim proyek dengan kemampuan yang baik.
 

Comments

comments