5 Tanda-Tanda Bos Anda Seorang Micromanager

5 Tanda-Tanda Bos Anda Seorang Micromanager

 

Yuk, kenali lebih dalam atasan anda!


Apakah anda saat ini sedang merasa stres dengan pekerjaan?

 

Kelelahan yang luar biasa akibat pekerjaan yang overload dari atasan anda?

 

Atau bahkan anda begitu kehilangan motivasi, karena hasil pekerjaan anda kurang dihargai oleh atasan anda?

 

Hati-hati, bisa jadi anda saat ini memiliki bos seorang Micromanager!

 

Seorang atasan yang menerapkan micromanagement (sering disebut sebagai micromanager) umumnya merupakan seseorang yang sangat detail dalam penyelesaian pekerjaan. Ia akan selalu mendorong bawahannya untuk segera menyelesaikan pekerjaannya. Akan tetapi, ia memiliki masalah dalam memberikan tingkat intesitas dan pengawasan dari setiap tugas yang diberikan kepada bawahannya. Akibatnya, ruang gerak bawahan merasa dibatasi. Ya, psikis dan produktivitas mereka akan terganggu dan dapat memengaruhi performa kinerja mereka.

 

Berikut 5 tanda-tanda bos anda seorang Micromanager.

 

  1. Tidak mudah puas dengan hasil kerja anda

Sekalipun anda sudah memperbaiki hasil dan meningkatkan performa kerja anda, sang bos tetap saja menganggap pekerjaan anda begitu tidak memuaskan di matanya.

 

  1. Mengambil alih pekerjaan anda ketika terjadi kesalahan

Jika anda kerap melakukan kesalahan dalam penyelesaian tasks, bos anda bisa saja mengerjakan tugas anda sendiri. Ya, Bos anda sudah kehilangan kepercayaan pada anda.

 

  1. Sering mengambil keputusan sendiri

Tanpa berdiskusi dulu dengan bawahan, bos anda sering berinisiatif membuat keputusan sendiri. Jangan heran jika tiba-tiba bos anda bergabung dengan proyek lain.

 

  1. Selalu minta update pekerjaan

Ini merupakan salah satu wujud ketidakpercayaan bos anda kepada anda. Bos anda begitu demanding dengan hasil pekerjaan anda sampai-sampai ia meminta update penyelesaian tugas anda setiap waktu.

 

  1. Terobsesi dengan detil pekerjaan

Sifat bos yang terlalu perfeksionis dengan hasil pekerjaan kerap membuat bawahannya pusing. Ada saja hal-hal yang salah dimata atasan anda ini. Bahkan, kesalahan-kesalahan minor pun tidak luput dari perhatiannya.

 

Jika anda melihat tanda-tanda diatas, apa yang harus anda lakukan?

 

Anda harus coba menemukan hal-hal apa yang membuat bos anda merasa percaya dan optimis. Sebab, seorang micromanager kerap mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kegagalan proyek. Anda bisa mencoba bertanya pada bos anda pada dua pertanyaan ini, 1. Apa indikator proyek ini sukses? Dan 2. Apa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proyek tersebut. Setelah itu, anda dapat mengomunikasikan rencana anda dalam penyelesaian proyek tersebut dan meminta pendapat bos anda mengenai rencana tersebut. Terus bangun komunikasi, karena komunikasi yang baik tentu akan membangun sinergi yang baik.

 

Sumber:

https://portalhr.com/tips/6-sinyal-bos-tidak-menyukai-kita/

https://www.linovhr.com/dampak-berbahaya-micromanaging/

https://hbr.org/2014/11/signs-that-youre-a-micromanager

https://clickup.com/blog/micromanaging/

 

Comments

comments