5 Tips Menjadi Pemimpin yang Efektif

5 Tips Menjadi Pemimpin yang Efektif

 

Ingin proyek lancar? Jadilah pemimpin yang efektif!

 

A person always doing his or her best becomes a natural leader, just by example,” (Joe Dimaggio).


Setiap orang sejatinya adalah seorang pemimpin. Kemampuan ini bisa dilatih dari waktu ke waktu.

 

Ketika anda belajar memimpin bawahan anda, tuntutan untuk menjadi pemimpin yang efektif tentunya menjadi tidak terbendung.

Sebenarnya apa itu pemimpin yang efektif?

Pemimpin yang efektif adalah orang yang dapat memengaruhi dan mendorong anggota tim kearah tercapainya tujuan. Ia memiliki dua komponen, sifat kepemimpinan dan kemampuan berefisiensi dalam praktik bisnis. Tidak hanya harus bisa memengaruhi orang dengan baik, seorang pemimpin yang efektif juga harus bisa mengambil keputusan yang tepat.

Ada banyak cara menjadi pemimpin yang efektif. Tapi bagaimana caranya? Pastikan anda melakukan 5 tips dibawah ini agar anda dan tim anda bisa mencapai kesuksesan dengan mudah.

  1. Gairah (Passion)

Seseorang yang memiliki gairah (passion) adalah seseorang memiliki mimpi dan visi dalam hidupnya. Mimpi dan visi yang ada dalam seorang pemimpin tentu akan menuntun ia dalam perencanaan dan eksekusi pekerjaan bersama timnya. Pemimpin tanpa passion akan memiliki kesulitan dalam mengambil keputusan dan mengarahkan timnya. Ia seakan kehilangan arah dalam mengendalikan timnya sendiri.

  1. Nilai Kebermanfaatan

Pemimpin yang efektif harus memiliki nilai kebermanfaatan bagi sekitarnya. Ia harus respek dengan orang-orang disekitarnya. Ditengah-tengah masyarakat dengan berbagai sifat dan kultur yang berbeda, pemimpin yang efektif dituntut bisa berbaur dan bekerja sama dengan mereka.

  1. Visi

Segala hal tentang arahan pada suatu organisasi ke depannya disebut visi. Pemimpin yang memiliki visi akan mengantongi ide-ide dalam sakunya dalam membuat perubahan. Ada dua hal yang menggerakkan pemimpin yang akan memiliki visi, yaitu kreatifitas dan intelektualitas. Seorang pemimpin yang efektif tentu harus memiliki visi yang jelas dalam suatu kepemimpinan dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Visi yang jelas dapat menumbuhkan komitmen staf dan stakeholder dalam penyelesaian proyek.

  1. Kreatifitas

Seiring dengan banyaknya inovasi di masa sekarang, memiliki pemikiran yang out of the box memang sudah menjadi tuntutan. Pemimpin yang mempunyai kreatifitas yang tinggi dan ditambah dengan visi yang jelas tentunya akan melahirkan perencanaan strategi yang efektif.

  1. Niat Belajar

Pemimpin yang efektif haruslah lapar ilmu. Ia harus mau untuk belajar dan merasa dirinya adalah seorang pembelajar. Sudah sewajarnya pemimpin untuk memiliki ilmu. Jika seorang pemimpin tidak memiliki pengetahuan apapun, lantas bagaimana cara ia memimpin timnya sendiri?

Secara garis besar, pemimpin yang efektif adalah seseorang yang harus memiliki visi dan tujuan besar yang harus ia capai. Untuk mencapainya, ia dan tim harus membuat perencanaan implementasi sekreatif mungkin. Tidak hanya memperhatikan kemampuan yang ia miliki, pemimpin yang efektif juga harus dapat berkolaborasi dan bermanfaat dengan berbagai ragam sifat manusia di sekitarnya.

 

Sumber                                                                                       

https://managementhelp.org/leadership/development/leader.htm

http://www.personal.psu.edu/kmr5279/blogs/pla/2011/09/effective-leadership-definition-of.html

 

Comments

comments