Bagaimana menjadi PM yang berintegritas dan beretika?

Bagaimana menjadi PM yang berintegritas dan beretika?

 

Bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak juga merupakan suatu bentuk integritas, lho…

– – –

 

Jika anda seorang anggota tim proyek, siapa yang anda pilih? Project Manager (PM) yang adil dan bertanggung jawab menyelesaikan proyek atau PM yang bekerja setengah-tengah dan jarang berkoordinasi dengan tim proyek

 

100% anda pasti akan memilih PM dengan model pertama.

 

Apapun jenis pekerjaan anda, integritas adalah hal mutlak yang harus dimiliki dalam pekerjaan. Definisi Integritas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan. Integritas juga bisa berbentuk kejujuran, karena ia merupakan irisan dari bentuk kepercayaan, kata-kata dan aksi.

 

Seorang PM yang memiliki integritas biasanya ditandai dengan adanya kepercayaan tim proyek kepada PM. Mereka bisa menjadi seperti itu, karena melihat bagaimana PM memperlakukan mereka sehingga mereka begitu respek dengan PM. Ada tiga tips buat anda sebagai PM untuk meningkatkan nilai integritas anda di mata tim proyek. Apa sajakah itu?

 

  1. Jangan memihak

Jadilah orang yang seobjektif mungkin. Jangan dengarkan cerita hanya dari satu sisi saja, tapi lihatlah dari berbagai sisi. Sebisa mungkin anda jangan langsung menghakimi suatu opini yang kira-kira tidak sesuai dengan prinsip anda. Keputusan yang obyektif dapat meluruskan masalah.

 

  1. Teliti

Bentuk ketelitian dalam manajemen proyek adalah mengevaluasi kebutuhan dan hambatan dalam proyek. Teliti juga memiliki arti sebagai kegiatan validasi metodologi manajemen proyek yang sudah dipilih. Ketelitian yang anda lakukan dapat membuat perencanaan manajemen proyek lebih komprehensif dan mendukung pembuatan dokumen.

 

  1. Fokus pada hasil akhir

Pada saat pembagian kerja dengan tim proyek, sebaiknya anda mendorong mereka untuk memverifikasi kebutuhan bisnis diawal dan memperkirakan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan oleh mereka. Hal-hal tersebut membuat tim proyek dapat memberikan saran yang sesuai dengan kemampuan mereka dan secara otomatis dapat meningkatkan kesempatan proyek sukses.

 

Yuk, jadi PM yang memiliki integritas dan etika mulai sekarang. Satu hal yang juga penting dalam menjaga integritas anda sebagai PM adalah sebagai berikut: Selalu ingat dengan siapa anda bekerja.

 

Sumber:

https://www.projectmanagement.com/blog-post/10105/Integrity-in-Project-Management

Comments

comments