PM, Kerjasama Itu Penting!

PM, Kerjasama Itu Penting!

 

Kerjasama bisa memudahkan pekerjaan anda, lho

– – –

 

Seorang Project Manager (PM) tentunya tidak bisa bekerja sendiri. Ia selalu membutuhkan anggota tim proyek dalam implementasi proyek. Tugas-tugas PM sebagai pemimpin terhadap bawahannya bisa berupa menfasilitasi aktivitas, delegasi tugas, instruksi tim, menawarkan dukungan dan memastikan komunikasi dan kolaborasi terus sejalan. Secara teknis, PM bisa saja menggunakan software manajemen proyek untuk mengakomodasi tugas-tugas tersebut. Akan tetapi, ada unsur penting yang terkandung pada job description tersebut, yaitu Kerja Sama (Team Work).

Suatu proyek sangat membutuhkan kerja sama diantara tim agar kesuksesan tercapai. Selain memiliki pemimpin yang bisa mengoordinir kerja sama dalam timnya, setiap pemimpin sebaiknya juga dapat menjadi sosok mentor yang dapat membimbing dan disegani oleh anggota timnya dalam menyelesaikan pekerjaan. Pemimpin rasa mentor tersebut juga diharapkan dapat bermain dengan anggota timnya untuk menambah kedekatan personal pada anggota tim.

So Leader, senangilah tim proyek anda!

Dalam proses meningkatkan kerja sama dalam tim, PM harusnya tidak boleh kaget dengan perbedaan pandangan pada tiap anggotanya. Setiap orang memiliki perspektif berbeda dalam memandang suatu masalah. Sebisa mungkin, PM harus bisa memberikan penjelasan atas setiap pandang pada setiap orang di dalam tim. Tidak hanya menginformasikan kewajiban, tetapi juga memberikan nilai-nilai yang terkandung dalam proyek.

Terakhir adalah, pastikan setiap orang tahu dengan siapa ia bekerja. Hal ini berlaku jika anggota tim proyek terdiri dari departemen yang berbeda-beda atau rekrutan baru. Atur waktu PM bersama mereka sebelum proyek dimulai untuk mengenal satu sama lain. Dengan mengenal satu sama lain, hubungan personal akan saling dekat dan mengurangi keseganan untuk meminta bantuan atau nasihat.

Berikut ulasan mengenai kerja sama dan cara-cara meningkatkanya. PM, sudah siap untuk bekerja sama dengan tim anda?

 

Comments

comments