Project Issue Management: Issue vs Risks (Bagian 1)

Project Issue Management: Issue vs Risks (Bagian 1)

Apakah masalah dan risiko yang dihadapi pria tersebut?

– – –

 

Masalah memang sudah menjadi barang yang tidak asing dalam kehidupan manusia, termasuk proyek. Masalah-masalah dalam proyek dapat berupa keterlambatan implementasi proyek atau kurangnya sumber daya (resources) proyek yang kerap mengganggu jalannya proyek. Lantas, bagaimana anda sebagai seorang Project Manager (PM) menghadapinya dengan cepat dan seefektif mungkin? Setidaknya anda harus punya strategi pemecahan masalah (issue) tersendiri. Dalam manajemen proyek, anda dapat mempelajarinya dalam Project Issue Management.

 

Project Issue Management didefinisikan sebagai proses identifikasi masalah dan penyelesaian masalah. Dalam praktiknya, Project Issue Management dapat dilakukan dalam bentuk identifikasi pekerjaan (task) atau kejadian penting (milestone) yang tidak terselesaikan atau memastikan bahwa ada task yang sudah selesai.

 

Ada dua hal penting yang disinggung dalam hal ini, masalah (issue) dan risiko (risks). Kali ini, kami akan memberikan Project Issue Management secara fundamental ke dalam dua artikel. Di artikel pertama ini, kami akan membahas mengenai perbedaan antara keduanya.

 

Masalah (issue) dan risiko (risks) sebenarnya adalah dua hal berbeda, namun bisa saling terkait. Risiko biasanya sudah dapat diduga dapat terjadi dan dipikirkan bagaimana solusi dalam menghadapi risiko tersebut. Masalah adalah hal-hal yang muncul diluar prediksi. Misalnya jika anda tidak bisa menemukan seorang staf yang berkualitas, maka hal itu merupakan risiko. Berbeda kasus jika seorang staf yang berkualitas tersebut bisa anda pekerjakan, namun mengalami kecelakaan dan dirawat selama tiga minggu, hal itu bisa menjadi suatu masalah.

 

Dalam mengidentifikasi risiko sebelum proyek dimulai, anda bisa membuat grafik risiko dan kemungkinan risiko itu terjadi. Pembuatan grafik begitu penting untuk memetakan tingkat kegentingan risiko yang ada, seperti contoh gambar yang sebagai berikut.

Grafik Kemungkinan Resiko (Risk Impact Chart)
Sumber Gambar: https://opentextbc.ca

 

Ketika anda tidak mengidentifikasi dan mengurangi risiko di awal proyek, anda bisa saja secara tidak langsung memulai masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, pelajari proyek-proyek yang sudah berjalan dan pengalaman dari tim proyek sebelumnya.

 

Sumber: https://www.mindtools.com/pages/article/newPPM_69.htm

Comments

comments