Sebelum Menyesal, Pahami 4 Nasihat Komunikasi Ini!

Sebelum Menyesal, Pahami 4 Nasihat Komunikasi Ini!

Niscaya proyek anda lancar…

– – –

 

Komunikasi merupakan hal yang tidak bisa dilepas pada Project Manager (PM). Bertemu klien atau stakeholder atau mengarahkan anggota tim proyek dan masih banyak lagi pekerjaan PM yang bersinggungan dengan komunikasi. Bahkan, PMI telah menyatakan bahwa 90% kegiatan yang dilakukan PM adalah komunikasi.

Jadi sudah seharusnya PM mengetahui aturan-aturan komunikasi. Anda sebagai PM harus mengetahui empat aturan yang sudah kami rangkum kedalam artikel ini. Jangan sampai anda menyesal karena tidak mengetahuinya. Apa sajakah itu?

 

  1. Langkah-langkah kooperatif membutuhkan komunikasi yang baik dan sistem peringatan awal (early warning system)

PM sebaiknya menjaga rekan-rekan kerjanya untuk sadar dengan dengan apa yang terjadi dan bisa menjelaskan pertama kali terhadap berbagai rumor atau perubahan terkini pada suatu perencanaan. Pastikan PM berdiskusi dengan rekannya, bahkan hanya untuk sebuah langkah kecil di dalam proyek. Seorang PM yang terlihat “lemah” akan dipandang oleh rekan kerjanya sebagai seseorang yang tidak punya integritas.

 

  1. Bicara itu tidak murah, tetapi ia merupakan jalan terbaik.

Tidak semua orang terlahir untuk berani mengeluarkan pendapat. Ada orang yang memiliki sifat jarang berbicara atau pendiam. Untuk seorang PM, sifat tersebut harus benar-benar dikurangi. PM sebisa mungkin harus sering berbicara karena ia adalah langkah terbaik dalam memahami seseorang dalam proyek atau masalah-masalah teknis. Pastikan PM berbicara pada orang yang benar dalam mengomunikasikan hal tersebut.

 

  1. Perkuat kemampuan Bahasa Inggris!

Banyak meeting yang digelar dengan menggunakan Bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, sudah seharusnya PM mengerti Bahasa Inggris. Jangan sampai ketidakmengertian PM dengan Bahasa Inggris memunculkan misinterpretasi.

 

  1. Belajar, belajar dan belajar!

Terdengar seperti guru menasehati muridnya, anjuran ini memang perlu dilakukan ketika anda bekerja. Dunia proyek menuntut PM dan anggota tim untuk memahami lebih dalam tentang manajemen proyek (bahkan istilah-istilah seperti increment, hybrid atau IDEAL perlu dipahami). PM dan anggota tim proyek bisa meningkatkan pengetahuan dirinya dengan mengikuti kursus atau pelatihan manajemen proyek (Project Management).

Berikut empat aturan komunikasi yang perlu anda terapkan jika anda seorang Project Manager. Intinya tentu saja, KOMUNIKASI dan BELAJAR.

 

Comments

comments